Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Friday, August 5, 2016

Lelaki yang Setia Mencari dan Wanita yang Setia Menanti


Menikah. Betapa indahnya sunnah Rasul yang satu ini. Bukanlah umat Nabi, jika enggan menikah. Menikah, menyatukan dua hati yang dirudung rindu. Mengikat dua insan yang mendamba bahagia. Seorang muslim pasti mendambakan pasangan yang baik; yang saleh atau salehah. Segala cara ditempuh agar mendapatkan jodoh penenteram hati.

Kisah ini adalah kisah seorang laki-laki yang tetap setia mencari. Ia tidak berpangku tangan dalam penantian. Ia mengejar bidadarinya.

Di sebuah kampus terkenal, seorang wanita berdiri dengan anggun. Sebut saja namanya Dewi (bukan nama sebenarnya).Corak dan warna pakaiannya yang kalem serta dipadu dengan kerudung besarnya membuat ia seakan bidadari yang turun dari surga.

Dewi adalah seorang mahasiswi yang berasal dari luar kota. Pembawaanya tenang. Lembut tutur katanya, dan senyum yang menghias wajah cerahnya menandakan ia seorang pribadi yang ramah. Dewi adalah seorang mahasiswi yang cerdas. Nilai akademiknya bagus. Ia pun aktif di organisasi. Ia seorang aktivis muslimah.

Banyak laki-laki yang tertarik pada Dewi. Dan mereka yang mengungkapkan ketertarikannya harus menanggung kecewa karena Dewi bukanlah wanita yang mau menjalani hubungan yang tak halal. Ia akan menyerahkan hati dan raganya hanya kepada lelaki yang menjadi suaminya.

Salah seorang laki-laki yang tertarik kepada Dewi ialah adik tingkatnya sendiri. Sebut saja namanya Gilang (bukan nama sebenarnya). Dewi dan Gilang aktif dalam organisasi yang sama.

Kecantikan, kecerdasan, dan kesalehahan Dewi membuat Gilang jatuh hati. Namun, Gilang bukan lelaki yang mudah mengungkapkan perasaannya. Ia pun sadar bahwa wanita sebaik Dewi tentu banyak yang menginginkannya. Semakin lama persahabatan Dewi dengan Gilang, semakin dalam perasaan Gilang kepada wanita yang memesona itu. Gilang pun bertekad akan mengutarakan niatnya untuk menyunting Dewi.

Manusia hanyalah bisa berencana, Tuhanlah yang menentukan. Sebuah kabar tak terduga menyambar hati Gilang. Dewi, wanita yang anggun dan memesona itu sudah dikhitbah oleh orang lain. Dan undangan pernikahan pun sudah tersiar.

Gilang memang kecewa. Namun, ia tak mengeluh atau meratap. Ia yakin Tuhan sudah menetapkan jodoh bagi setiap hamba-Nya. Gilang berusaha berdamai dengan hatinya. Dia bukan jodohku, kata Gilang. Namun, Gilang penasaran siapakah lelaki yang beruntung mendapatkan Dewi.

Gilang bertanya kepada teman-temannya siapakah calon suami Dewi. Dari keterangan yang ia peroleh, Gilang mengetahui bahwa calon suami Dewi adalah lelaki yang baik, saleh, dan sudah mandiri.

Hati Gilang pun menjadi tenang. Ia teringat sebuah ayat yang menyebutkan bahwa laki-laki yang baik untuk wanita yang baik. Gilang pun kemudian mengetahui bagaimana kisah lelaki tersebut bisa mendapatkan Dewi. Hingga Gilang pun menyebutnya sebagai lelaki yang setia mencari. Berikut ini kisahnya sebagaimana yang diketahui oleh Gilang.

Lelaki yang setia mencari itu bernama Fariz (bukan nama sebenarnya). Berasal dari kota yang sama dengan Dewi. Kisah Fariz dan Dewi dimulai saat masa putih abu-abu. Fariz dan Dewi aktif di organisasi kerohanian di sekolahnya. Fariz adalah kakak kelas Dewi.

Fariz adalah pemuda yang baik, santun, dan saleh. Ia seorang muslim yang pemberani; berani dalam menyuarakan kebenaran dan dakwah kepada Allah. Banyaklah siswi sekolahnya yang jatuh hati pada Fariz. Namun, Fariz tiada menggubris masalah seperti itu. Ia menjadi teladan dalam kepandaian dan kesalehan.

Dewi sudah aktif di organisasi sejak SMA. Di situlah Fariz mengenal Dewi dengan segala kelebihannya. Kecantikannya, ketegasannya, kebaikannya, kesalehahannya, dan semangat dakwahnya.

Secara diam-diam hati Fariz tercuri. Perlahan-lahan tumbuh benih-benih cinta dalam hatinya. Namun, ia sadar bahwa belum waktunya ia mengungkapkan perasaan.
Fariz dan Dewi masih SMA. Masa depan masih terbentang panjang.

Fariz pun bertekad untuk memendam perasaannya. Ia berjanji pada dirinya sendiri, suatu hari nanti akan meminang Dewi. Iya, suatu hari nanti.

Akan halnya dengan Dewi, siapa yang tahu perasaan seorang wanita. Adakah perasaan yang sama hadir di dalam hati Dewi sebagimana dirasakan oleh Fariz? Dewi adalah wanita yang pandai menjaga kehormatan diri dan senantiasa menjaga pandangan.

Masa SMA pun terlewati. Fariz dan Dewi berpisah. Keduanya kuliah di kota yang berbeda; berjarak ratusan kilometer. Sejak saat itu, mereka tidak berkomunikasi. Mereka menjalani kehidupan masing-masing. Keduanya disibukkan dengan aktivitas perkuliahan dan dakwah di kampus mereka.

Beberapa tahun berpisah, tidaklah menggugurkan perasaan Fariz kepada Dewi. Tiada bersua atau sekadar berkomunikasi, tak membuat Fariz melupakan Dewi. Ia selalu memegang janjinya kepada diri sendiri dahulu bahwa ia akan menyunting Dewi suatu hari nanti.

Setelah lulus kuliah, Fariz mendapatkan pekerjaan yang layak. Ia berusaha untuk hidup mandiri. Ia sadar bahwa seorang laki-laki haruslah berpijak di atas kakinya sendiri. Lebih-lebih jika ingin menyunting seorang wanita, ia harus sudah mandiri.

Saat itu Dewi masih kuliah semester akhir. Fariz, yang telah menabur benih cinta sejak SMA, sudah memantapkan hati untuk menyunting Dewi. Yang menjadi masalah ialah, mereka sudah lama tidak bertemu dan tidak berkomunikasi.

Segala puji bagi Allah, Fariz dan Dewi aktif dalam barisan dakwah. Melalui sarana dakwah, Fariz bisa mendapatkan kabar tentang Dewi. Fariz mengikuti kajian rutin seminggu sekali, yang sering disebut halaqah atau liqa. Kajian itu dibimbing oleh seorang ustadz yang biasa disebut sebagai murabbi. Begitu juga dengan Dewi. Meski berada di kota yang berbeda, keduanya ditakdirkan untuk kembali bersua.

Bagaimanakah cara Fariz menghubungi Dewi? Awalnya ia mengutarakan niatnya untuk menyunting Dewi kepaa ustadznya. Fariz menyebutkan ciri-ciri Dewi, asal kota, dan tempat kuliah. Dari situ, sang ustadz berhasil menelusuri keberadaan Dewi melalui guru ngajinya. Ustadz dari Fariz kemudian menghubungi ustadzah dari Dewi. Lalu, tersampaikanlah niat Fariz untuk menyunting Dewi.

Fariz tidak ingin langsung mengutarakan niatnya kepada Dewi. Melalui ustadznya, Faris menyodorkan biodata dirinya secara lengkap. Biodata tersebut kemudian diberikan kepada ustadzahnya Dewi.

Lalu, kepada Dewi, disampaikanlah oleh ustadzahnya bahwa ada seorang lelaki yang ingin ta’aruf dengannya. Dewi tidak mengetahui bahwa yang ingin ta’aruf ialah Fariz. Ia tidak mempunyai bayangan siapa yang akan ta’aruf dengannya.

Diberikanlah biodata Fariz kepada Dewi. Lalu, seakan hatinya mendengar suara petir di siang hari, Dewi tersentak saat mengetahui bahwa biodata tersebut adalah biodata Fariz. Kakak kelasnya dahulu saat SMA, lelaki saleh yang banyak dikagumi oleh wanita.

Berbungalah hati Dewi. Ia tahu, Fariz adalah lelaki yang baik dan pantas menjadi imam baginya. Apalagi, Fariz masih mengingatnya meskipun sudah lama berpisah. Perjuangan Fariz untuk bisa ta’aruf dengannya membuktikan bahwa Fariz adalah laki-laki yang pantang menyerah. Dan setia.

Jika datang laki-laki yang baik untuk melamar, maka tak ada alasan untuk menolak. Karena penolakan terhadap lamaran laki-laki saleh akan berujung musibah dan penyesalan. Sebaliknya, penerimaan terhadapnya merupakan sebuah usaha untuk menggapai ridha Allah.

Singkat cerita, Fariz dan Dewi pun berta’aruf, kemudian terjadi proses khitbah. Dan mereka pun mengambil mitsaqan ghalizan (perjanjian yang kuat), yaitu janji pernikahan; untuk sama-sama mengarungi kehidupan dalam rangka menggapai ridha Allah.

Fariz dan Dewi tidak hanya memperjuangkan kebahagiaan dalam kebersamaan di dunia, tapi juga kebahagiaan dalam kebersamaan di akhirat.


***
Dalam kisah di atas, kamu pasti bisa menebak aku berperan sebagai siapa. : )




0 komentar:

Post a Comment