Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Wednesday, January 27, 2016

Komik Marcopolo, Kisah Sang Petualang

Komik Marcopolo Perjalanan Sang Petualang dan Saudagar ke Daratan Tiongkok Karya Esmeralda Lesmana

Judul: Marcopolo, Perjalanan Sang Petualang dan Saudagar ke Daratan Tiongkok
Karya : Esmeralda Lesmana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Kota terbit : Jakarta
Tahun terbit : 2011
Jumlah halaman : 151 halaman

***
Sebenarnya agak memalukan aku mengatakan bahwa ini adalah buku pertama yang sudah kubaca hingga tuntas di tahun 2016 sudah berjalan tiga minggu ini. Apatah lagi, ini bukan buku jika boleh dibilang, ini komik. Memang aku juga membaca buku lain sih, tapi belum selesai. Komik setebal 151 halaman ini tuntas kuselesaikan dalam waktu singkat.

Marcopolo. Mendengar nama itu, dalam pikiranku terbayang seorang pria gagah yang berdiri di atas dek kapal, memandang ke arah lautan sambil ditemani gerimis. Atau bayangan lainnya: seorang pria berwibawa yang sedang mengarahkan anak kapal menerjang ombak laut yang sedang mengganas.

Marcopolo adalah seorang petualang. Ia lahir tanpa ada seorang ayah di sampingnya. Sang ayah saat itu sedang berada di wilayah kekuasaan Kubilai Khan. Barulah ketika Marco remaja, sang ayah pulang. Dari ayahnya inilah jiwa petualangan Marco tumbuh.

Setelah beranjak dewasa, Marco diajak oleh ayahnya untuk kembali ke negara kekuasaan Kubilai Khan, Tiongkok. Di sinilah petualangan Marco dimulai. Setelah beberapa lama mengabdi di istana Kubilai Khan, Marco mulai mendapat kepercayaan Kubilai Khan. Marco pun beberapa kali diserahi misi menjadi utusan ke beberapa daerah kekuasaan Kubilai Khan.

Petualangan Marcopolo di daratan dan lautan daerah Timur ini membukakan matanya. Ternyata, daerah Timur tidak seperti disangkanya selama ini. Ternyata, daerah Timur memiliki peradaban yang lebih maju. Marco menjelejah sampai ke India, Burma, dan Indonesia. Di Indonesia, Marco singgah selama lima bulan, khususnya di Sumatera yang saat ini berdiri kerajaan Samudera Pasai.

Membaca komik petualangan seperti ini memang membangkitkan minat untuk menjelajahi tempat lain. Petualangan memang selalu menjadi hal yang menyenangkan.

Komik Marcopolo ini sangat menarik. Bahasanya mudah, ringkas, hanya memuat hal-hal yang penting saja. Apalagi gambarnya fullcolor, dengan kertas yang agak tebal dari kertas-kertas buku pada umumnya, aku taksir kertanya HVS 80 gsm. Yang ingin mengenal sekilas tentang Marcopolo disarankan membaca komik ini.


***
Sukoharjo, 27 Januari 2016
----------------------------------------------

Catatan:
Yang berminat dengan komik Marcopolo, bisa membeli di Toko Buku Pustaka Aufa.



0 komentar:

Post a Comment