Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Sunday, July 3, 2016

Cara Mengatasi Kesedihan


Suatu hari ada seseorang yang bertanya kepada saya: bagaimana cara mengatasi kesedihan? Bagaimana mengusir kegundahan dan kegalauan? Bagaimana agar bisa bahagia. Saya pun menjawabnya melalui beberapa kicauan di twitter. Berikut ini secara ringkas cara mengatasi kesedihan.

Ketahuilah, bahwa hati yang sakit, lelah, patah, kecewa, dan kondisi-kondisi yang tidak mengenakkan lainnya, dapat mendatangkan kegundahan dan kegalauan. Hidup akan terasa berat, dada terasa terhimpit, dan pikiran terasa tertekan. Untuk menghilangkan atau mengurangi kondisi yang menyiksa tersebut, beberapa tips berikut ini dapat dicoba.


1
Orang yang sedang galau cenderung suka mendengarkan lagu yang melankolis, yang lembut dan sedih. Saat sedang bersedih, jangan kamu mendengarkan lagu-lagu tersebut karena dapat menambah sempitnya hati dan tertekannya pikiran.  

2
Orang yang sedang galau cenderung suka mengenang masa lalu. Masukkanlah masa lalu ke dalam kotak, kemudian kuncilah. Buanglah kunci itu jauh-jauh.

3
Orang sedang yang galau cenderung mengkhawatirkan masa depan yang tak pasti. Ia takut terhadap bayangan-bayangan buruk masa depan yang ia rangkai sendiri. Oleh karena itu, gantungkanlah masa depan di langit. Tataplah, namun jangan merisaukannya. Siapa yang tahu hari esok.

4
Orang yang sedang galau seakan-akan tidak hidup pada hari ini. Ia hidup di masa lalu atau di masa depan. Oleh karena itu, hiduplah di hari ini. Nikmati apa yang ada hari ini. 

5
Orang yang sedang galau hanya melihat satu pintu yang tertutup. Padahal, banyak pintu lain yang terbuka. Oleh karena itu, lihatlah sekitar dan kamu akan menemukan bahwa jalan keluar begitu banyak. 

6
Orang yang sedang galau senang membayangkan diri sendiri sebagai orang yang paling menderita. Padahal, betapa banyak orang yang lebih menderita darinya. Oleh karena itu, bersyukurlah. 

7
Orang yang sedang galau cenderung menutup pikiran dari hal-hal yg baru. Oleh karena itu, bukalah pikiran kamu terhadap hal-hal yang baru. 

8
Orang yang sedang galau cenderung suka mengurung diri. Ia menikmati kesengsaraannya di dalam kamar yang gelap dan sempit. Oleh karena itu, keluarlah, lihatlah lingkungan sekitar. Nikmatilah indahnya pemandangan, kunjungi tempat-tempat yang menyenangkan.

9
Orang yang sedang galau cenderung suka menyendiri. Oleh karena itu, berkumpullah dengan sahabat-sahabat yang bisa membuatmu nyaman. Kamu bisa mengobrol santai, bersendau gurau, atau jika mau kamu menceritakan kesedihanmu. Yakinlah bahwa kamu mempunyai sahabat yang bisa menghiburmu.



1 komentar:

  1. Wahhh ini bener banget caranua , daripada minum minum gak jelas ya kan


    Susu Ibu Hamil

    ReplyDelete