Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Thursday, March 30, 2023

Cerita Fantasi: “Alia”


Alia adalah seorang gadis muda yang tinggal di desa pinggiran hutan. Ia memiliki kemampuan yang luar biasa, yaitu ia bisa berbicara dengan binatang. Namun, Alia menyembunyikan kemampuannya karena takut dianggap aneh oleh orang-orang di desanya.


Suatu hari, rombongan kerajaan melewati desa Alia menuju hutan untuk berburu harimau. Rombongan tersebut dipimpin langsung oleh sang Raja. Sang Raja memang memiliki kegemaran berburu binatang buas di hutan.


Saat sedang berburu, sang Raja terpisah dari rombongan saat seekor harimau mengamuk. Sebagian rombongan kerajaan kembali ke desa, sebagian yang lain mencari sang Raja di dalam hutan. Alia yang mendengar kabar bahwa Sang Raja terpisah dari rombongan, segera pergi ke hutan hendak menyelamatkannya karena di dalam hutan banyak binatang buas.


Alia bertanya kepada binatang-binatang di dalam hutan secara batin. Dengan bantuan para binatang, Alia berhasil menemukan Sang Raja yang sedang terpojok oleh harimau.


“Raja, tenanglah! Aku akan mencoba berbicara kepada harimau ini,” kata Alia.

“Hah, kamu mau bicara dengan harimau? Apa kamu waras?” kata Sang Raja.

“Percayalah padaku, Raja.”


Alia menghadap harimau. Secara batin, ia berbicara dengan harimau.

"Harimau, aku tahu kamu marah terhadap manusia yang memburumu ini. Namun, dia adalah seorang raja. Dia dibutuhkan oleh rakyat. Mohon izinkan dia pergi dari hutan dengan selamat.”


“Hemm… Mereka memburu kaumku,” kata harimau. “Seharusnya pantas jika dia aku cabik-cabik.”


“Harimau, berbaik hatilah kepada raja.”

“Baik,” kata harimau. “Aku akan membiarkannya pergi dengan satu syarat, yaitu jangan ada lagi manusia yang berburu di hutan ini.”


Alia menyampaikan syarat dari harimau agar sang Raja selamat. Meskipun merasa bingung dan aneh dengan tingkah Alia, sang Raja mengiyakan syarat tersebut.


”Harimau, Raja sudah berjanji tidak akan berburu lagi di hutan ini," kata Alia meyakinkan harimau.


Setelah Alia berhasil meyakinkan harimau, harimau tersebut melepas Raja. Raja yang selamat, berjanji untuk tidak mengusik binatang-binatang di hutan dan berterima kasih kepada Alia atas bantuan yang ia berikan.


"Terima kasih, Alia. Aku tidak akan bisa selamat tanpamu," ucap Raja sambil memandang Alia dengan rasa terima kasih.


Kejadian tersebut membuat Raja menyadari pentingnya menjaga keseimbangan alam dan lingkungan hidup. Ia pun memerintahkan pasukannya untuk tidak lagi berburu di hutan dan menghargai keberadaan binatang sebagai bagian dari alam.


Alia merasa bahagia karena berhasil membantu Raja dan mengubah cara pandangnya terhadap alam. Kini, Alia merasa lebih percaya diri untuk menggunakan kemampuan luar biasanya dalam membantu orang lain dan menjaga keseimbangan antara manusia dan binatang di dunia fantasi yang mereka tinggali.

0 komentar:

Post a Comment