Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Monday, July 22, 2019

Review Film Dunkirk (2017)


Saya masih belum tahu bagaimana melafalkan judul film yang menjadi box office tahun ini.
Film yang disutradari oleh Christopher Nolan ini adalah jenis film yang selayaknya ditonton di bioskop dengan layar lebar dan sound system yang menggelegar.

Dunkirk mengambil setting Perang Dunia II ketika Jerman begitu digdaya. Sepasukan besar tentara Sekutu terkepung di Dunkirk. Mereka dengan mudah bisa dihancurkan oleh tentara Jerman. Satu-satunya pilihan bagi ribuan tentara Sekutu itu ialah bertahan hidup dan bisa pulang melalui jalur laut --di mana di atas lautan pesawat terbang Jerman sewaktu-waktu bisa memborbardir dan kapal selam Jerman sewaktu-waktu bisa meluncurkan roket bawah air.


Dunkirk adalah tentang bertahan hidup. Tentang keinginan untuk pulang. Dan tentang orang-orang yang peduli dengan nasib para tentara yang mengenaskan itu.

Sinematografi film ini sangat apik. Kita bisa merasa tersedot ke dalam ketegangan yang panjang pada sebuah peristiwa perang yang mencekam. Ditambah musik latar garapan Hans Zimmer yang seakan-akan menghentak-hentak jantung kita agar berdetak semakin kencang.

Dengan efek visual yang minim, sang sutradara benar-benar menampilkan totalitas dalam proses pembuatan film. Kabarnya sebuah pesawat benar-benar diledakkan dalam proses syutingnya.

Film yang berdurasi 106 menit ini terasa sangat singkat. Nyaris tak ada scene film yang patut dilewatkan. Ketegangan mewarnai keseluruhan film. Dan ketika film usai, pikiran dan perasaan terasa masih belum beranjak dari kesan ketegangan yang ditimbulkan film ini.

Dunkirk adalah film terbaik yang pernah saya tonton selama tahun 2017.

***
DUNKIRK (2017)
Nilai: 9



0 komentar:

Post a Comment