Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Thursday, January 20, 2022

Belajar Hal Baru adalah Menyenangkan



Pada awal pandemi corona tahun 2020, surat pemberitahuan bahwa pembelajaran tatap muka ditiadakan diganti pembelajaran daring dilayangkan pada hari Sabtu. Saya bisa membayangkan pimpinan dan staf pada hari itu atau sehari sebelumnya dengan repotnya menyiapkan kurikulum darurat untuk pembelajaran daring.


Di sekolah tempat saya mengajar, selama pandemi, pembelajaran secara daring dilakukan setiap hari dari pagi hingga menjelang siang.

Saya ingat, Sabtu malam ketika sedang berbelanja di minimarket, pimpinan mengundang kami untuk koordinasi via Zoom Meeting. Saya mengikuti koordinasi sembari berbelanja.

Sebelumnya, kami belum pernah menggunakan Zoom Meeting. Pada Sabtu malam itulah pertama kali kami menggunakannya. Hampir semua dari kami tak paham menggunakan aplikasi ini.

Arahan pimpinan dalam koordinasi malam itu ialah semua guru belajar menggunakan Zoom Meeting dan aplikasi penunjang pembelajaran, seperti Google Classroom dan Google Form. Hari Senin-nya, kami sudah harus mengajar melalui Zoom. Yang awalnya tertatih-tatih, akhirnya kami terbiasa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Beberapa bulan berikutnya, pimpinan memberikan arahan agar setiap guru membuat video pembelajaran untuk diunggah di aplikasi YouTube sekolah. Setelah diadakan workshop singkat selama setengah hari, kami pun shooting video dan membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi semisal Kinemaster atau Filmora.

Saya jadi ingat, dulu pertanyaan yang diajukan oleh HRD ketika wawancara lamaran pekerjaan, apa yang saya sukai. Waktu itu saya jawab, saya suka belajar hal-hal baru. Belajar hal baru adalah sesuatu yang menyenangkan.

Bagi saya, salah satu faidah bekerja adalah kita bisa belajar hal baru. Saya cukup sering mengikuti pelatihan selama beberapa hari di luar kota. Dalam pelatihan-pelatihan tersebut, saya bisa mempelajari banyak hal. Saya bertemu banyak orang dari berbagai daerah. Saya mendapatkan banyak pengalaman dan wawasan baru.

Dunia terus bergerak, dinamis. Hal-hal baru muncul setiap hari. Dengan mempelajari hal baru yang relevan dengan dunia saya, saya bisa merasa "hidup".

Hidup yang stagnan bagi saya adalah hidup yang membosankan. Hidup yang "itu-itu saja" membuat diri tidak berkembang.

Dahulu--setelah lulus kuliah---saya mencari pekerjaan yang menawarkan kesempatan belajar hal-hal baru. Pekerjaan yang bisa membuat hidup menjadi dinamis.

Pertama kali bekerja, saya tidak terlalu memikirkan besaran gaji. Jika kita bisa mengembangkan diri, meng-upgrade kapasitas diri, akan mudah bagi kita mendapatkan penghasilan yang memadai.

0 komentar:

Post a Comment