Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Saturday, February 22, 2014

Drama: Sultan Alam Akbar Al-Fattah

 
Kerajaan Majapahit berada di ambang kehancuran. Keadaan pemerintahan kacau balau. Para pejabat kerajaan saling berebut kekuasaan dan kekayaan. Rakyat kecil terbengkalai. Sebagai kerajaan yang pernah berjaya, Majapahit berada pada titik kebobrokan.

Saat itulah fajar merekah dari alas Glagahwangi. Tampillah sang pemuda yang menyampaikan risalah Nabi. Menyebarkan agama dengan kitab suci. Luhur dan mulia dalam budi pekerti. Pemuda itu tak lain ialah salah seorang putra raja Majapahit Brawijaya Kertabumi yang bernama Raden Fatah.

Raden Fatah adalah seorang putra raja dari selir yang tinggal di Palembang. Saat dewasa, ia melakukan perjalanan ke Pulau Jawa untuk menyebarkan agama Islam. Bersama saudara tirinya, yaitu Raden Husein, mereka berguru kepada Sunan Ngampel.


BABAK 1
ILIR-ILIR DI NGAMPEL DENTA

 

Raden Patah dan Raden Husein menjadi santri di pesantren yang diasuh oleh Sunan Ngampel. Setelah beberapa lama menjadi santri, kedua pemuda itu tumbuh menjadi pemuda yang pemberani, berakhlak mulia, dan bercita-cita tinggi.

(Di pendhapa masjid pesantren, Sunan Ngampel berkumpul bersama para santri. Mereka menyenandungkan lelagon Ilir-ilir bersama-sama.)

Sunan Ngampel:
Anakmas Fatah, Anakmas Husein.

Raden Fatah:
Kula, Kanjeng Sunan.

Raden Husein:
Kula, Kanjeng Sunan.

Sunan Ngampel:
Kalian berdua adalah keturunan Penguasa Palembang. Jauh-jauh dari seberang sana kalian ke sini untuk menuntut ilmu. Sudah lama kalian menimba ilmu di sini. Saat ini kalian sudah cukup bekal untuk melanjutkan perjalanan menggapai cita-cita kalian.

Raden Fatah:
Beribu terima kasih kami ucapkan kepada Kanjeng Sunan atas bimbingan selama ini. Saya sendiri ingin selalu menyertai Kanjeng Sunan, untuk ngabekti, untuk belajar agama kepada Kanjeng Sunan dan membantu sebisa saya.

Sunan Ngampel:
Hmmm... Niatmu sungguh mulia, Anakmas Fatah. Saya senang mendengarnya. Tapi, apa yang menjadi cita-citamu sendiri, Anakmas?

Raden Fatah:
Saya bercita-cita menyebarkan agama Islam ke seluruh Pulau Jawa. Pulau Jawa ini hendaknya menjadi pusat penyebaran ajaran Islam. Hingga nanti wilayah-wilayah di seberang lautan juga ikut menikmati indahnya ajaran Islam, Kanjeng Sunan.

Sunan Ngampel:
Masya Allah. Sungguh teramat tinggi cita-citamu. Saya sangat mendukungmu, Anakmas Fatah. Anakmas Husein, bagaimana denganmu?

Raden Husein:
Saya senang tinggal di sini, Kanjeng Sunan. Saya ikut dengan Kakangmas Fatah.

Sunan Ngampel: 

Bagus. Tapi, saya mendengar kamu ingin nyuwita, ingin sowan kepada Raja Kertabumi, penguasa Majapahit.

Raden Husein:
Inggih, Kanjeng Sunan. Bagaimanapun juga, di dalam darah saya mengalir darah Majapahit, Kanjeng Sunan.

Sunan Ngampel:
Baiklah. Kalian sudah waktunya untuk melangkah. Anakmas Fatah, kamu saya tugaskan untuk membuka pesantren baru agar cita-citamu untuk menyebarkan ajaran Islam di seluruh Pulau Jawa tercapai. Tapi, sebelum itu kamu harus sowan kepada rama-mu, Prabu Kertabumi.

Raden Fatah:
Sami’na wa atho’na, Kanjeng Sunan.

Sunan Ngampel:

Anakmas Husein, kamu berbakat dalam tata keprajuritan dan tatanegara. Kamu sowan-lah kepada Prabu Kertabumi. Sampaikanlah ajaran Islam kepada segenap rakyat Majapahit.

Raden Husein:
Sami’na wa atho’na, Kanjeng Sunan.


 

BABAK 2
PERSIAPAN PEPERANGAN MELAWAN GIRINDRAWARDHANA


Raden Fatah dan Raden Husein menghadap Prabu Kertabumi. Raden Husein diangkat menjadi Adipati Terung. Raden Fatah yang memang berniat mendirikan pesantren diberi wilayah di alas Glagahwangi. Bersama pengikutnya, Raden Fatah melakukan babat alas Glagahwangi. Di sana didirikanlah pesantren yang dipimpin langsung oleh Raden Fatah. Dari jumlah penduduknya yang hanya puluhan hingga akhirnya mencapai ratusan hingga ribuan.

Tahun 1478 M, Girindrawardhana (Dyah Ranawijaya) menyerang Majapahit. Kondisi Majapahit yang memang sedang lemah, dengan mudah ditaklukkan oleh Girindrawardhana. Prabu Kertabumi tewas dalam penyerbuan tersebut. Majapahit dikuasai oleh Girindrawardhana.

Jatuhnya Majapahit menggerakkan hati Raden Fatah. Sekaranglah saatnya. Sekaranglah saat untuk mengambil kepemimpinan di tanah Jawa. Dengan restu para Sunan, Raden Fatah memberangkatkan pasukan Islam untuk menyerang Girindrawardhana.

(Raden Fatah berdiri di hadapan penduduk Glagahwangi. Di antara mereka ada para prajurit, petani, pedagang, juga ibu-ibu. Semangat mereka terbakar oleh seruan pemimpin mereka, Raden Fatah.)

Raden Fatah:
Wahai segenap penduduk Glagahwangi. Majapahit telah jatuh di tangan Girindrawardhana. Ayahanda, Prabu Kertabumi telah mangkat. Kita sudah sekian lama membentuk diri menjadi sebuah kelompok, sebuah pedukuhan, sebuah jamaah yang memikul beban risalah Islam. Sudah saatnya kita menunjukkan kekuatan. Bukan kekuatan fisik, bukan kekuatan senjata, tetapi kekuatan iman kita.

Prajurit 1:
Segenap prajurit siap berdiri di garis depan, Kanjeng Gusti.

Raden Fatah:
Bagus sekali. Akan tetapi, ketahuilah, kita membutuhkan segenap kekuatan yang ada. Diharapkan semua penduduk Glagahwangi, prajurit, petani, pedagang, yang tidak mempunyai udzur, untuk berangkat menyerang Girindrawardhana.

Petani 1:
Kula siap mangkat, Kanjeng Gusti.

Petani 2:
Weh, aku yo melu no! Ngko tak gawakne pohong karo telo nggo sangu.

Pedagang 1:
Kula juga ikut, Kanjeng Gusti. Saya akan menyiapkan kuda-kuda yang terbaik.

Raden Fatah:
Siap berangkat? Allahu akbar... Allahu akbar... Allahu akbar...

(Pariyem dan Poniyem bersama ibu-ibu yang lain berjalan di belakang. Mereka ikut rombongan perang)


Pariyem:
Eh, Mbak Yem, kamu ikut perang kenapa?

Poniyem:
Lha, iya. Kita harus ikut juga. Lha siapa nanti yang menyediakan makan untuk mereka siapa? Kalau tidak ada yang menyiapkan makan, ketika perang mereka mulai lapar bagaimana, hayo?

Pariyem:
Iyo, yo. Aku juga tahu sedikit obat-obatan. Nanti bisa mengobati yang terluka.

Poniyem:
Lagipula bojoku juga ikut perang. Aku wegah ditinggal di rumah.

Pariyem:
Cie...cie...

Poniyem:
Yo uwis, ayo cepet-cepet, ndak ditinggal.


BABAK 3
PEPERANGAN MELAWAN GIRINDRAWARDHANA


Pasukan Islam di bawah pimpinan Raden Fatah menyerang Girindrawardhana. Peperangan berjalan sengit. Segenap rakyat tanah Jawa yang sudah memeluk agama Islam bergabung bersama pasukan Raden Fatah. Peperangan dimenangkan oleh Raden Fatah.

(Prajurit Girindrawardhana berperang melawan prajurit Raden Fatah. Pedang melawan cangkul, tombak melawan sabit. Keris melawan kenthongan.)


BABAK 4

PELANTIKAN RADEN FATAH MENJADI SULTAN DEMAK
(Raden Fatah duduk di kursi. Para Sunan duduk mengelilingi Raden Fatah. Para kawula duduk di depan. Sunan Ngampel membawa mahkota sultan.)

Sunan Ngampel:
Wahai, rakyat sekalian. Perhatikanlah. Hari ini, atas musyawarah dan kesepakatan waliyul amri, dewan para wali yang terdiri dari beberapa Sunan, kami mendirikan kasultanan untuk menjamin kelangsungan penyebaran ajaran Islam dan menjamin kesejahteraan rakyat. Kasultanan ini bernama Kasultanan Demak dengan ibukota di Bintoro.

Rakyat:
Allahu akbar ...

Sunan Ngampel:
Raden Fatah, atas berkah Allah Ingkang Maha Agung, apa yang dahulu Raden cita-citakan akhirnya tercapai. Raden Fatah, jadilah panatagama lan panatapraja. Ahli agama dan juga pemimpin. Laksankanlah amanah kepemimpinan ini dengan baik.

Raden Fatah:
Inggih, Kanjeng Sunan. Kula nyuwun bimbingan dari Kanjeng Sunan dan para Sunan yang lain.

Sunan Ngampel:
Dengan ini, secara resmi kami lantik Raden Fatah menjadi Sultan Demak dengan gelar Sultan Alam Akbar Al-Fattah.

Rakyat:

Allahu akbar ...

***
Sukrisno Santoso
Sukoharjo, 19 Desember 2013
 

 ---
*Drama ini dipentaskan oleh Tim Teater SMPIT Mutiara Insan Sukoharjo pada Acara Seminar Parenting - Peringatan Milad Yapendais Mutiara Insan Sukoharjo ke-20, tanggal 5 Januari 2014


0 komentar:

Post a Comment