Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Tuesday, February 25, 2014

Gali Semangat dari Kisah-kisah Dahsyat Para Pebisnis Ini! Karya Nisrina Lubis

Gali Semangat dari Kisah-kisah Dahsyat Para Pebisnis Ini! Karya Nisrina Lubis

Judul : Gali Semangat dari Kisah-kisah Dahsyat Para Pebisnis Ini!
Penulis : Nisrina Lubis
Penerbit : DIVA Press
Cetakan : ke-1, Maret 2010
Tebal : 219 halaman
***

Gali Semangat dari Kisah-kisah Dahsyat Para Pebisnis Ini! 

Satu lagi buku motivasi entrepreneurship. Sesuai dengan judulnya, buku ini berisi kisah-kisah para pebisnis yang sukses. Dikisahkan perjuangan mereka dari nol hingga menjadi pebisnis tingkat nasional. Lengkapnya ada 34 kisah pebisnis dalam buku ini.

Buku ini “hanya” kumpulan kisah, tidak ada tulisan tambahan dari penulis/penyusun. Penulis buku berperan mengumpulkan, menyeleksi, dan menyusun kisah-kisah para pebisnis. Berdasarkan daftar pustaka yang dicantumkan, semua kisah dalam buku ini diambil dari media internet. Bisa dibilang buku ini adalah print out dari artikel-artikel di internet.

Pebisnis yang dianggap sukses dalam buku ini antara lain pendiri facebook, Mark Zuckerberg. Awalnya, Facebook dibuat oleh Mark sebagai media sosial sesama mahasiswa Universitas Harvard. Perkembangan Facebook terbilang cepat. Dalam waktu 4 bulan, Facebook sudah digunakan oleh 30 universitas. Lalu, Facebook pun mendunia. Sang pemilik, Mark Zuckerberg ditetapkan oleh majalah Forbes sebagai milyarder termuda atas usaha sendiri dan bukan karena warisan.

Kisah lainnya yaitu pendiri DIVA Press, Edi Mulyono. DIVA Press merupakan salah satu penerbit buku berskala nasional dengan karyawan lebih dari 100 orang. Saat memulai usahanya, Edi mengaku tidak memiliki modal uang dalam jumlah besar. Yang ada hanyalah modal kepercayaan dari teman dan relasinya. Banyak pemilik percetakan di Jogja yang mau memberikan kepercayaan kepadanya untuk memproduksi buku-buku dengan sistem pembayaran di belakang.

Buku ini juga menampilkan kisah kesuksesan perusahaan Sido Muncul. Sido Muncul yang dipimpin Irwan hidayat berhasil memasyarakatkan jamu sebagai minuman kesehatan. Dan masih banyak kisah-kisah kesuksesan yang lain.

Membaca buku ini dapat meningkatkan motivasi diri dalam bidang entrepreneurship. Membaca kisah-kisah orang sukses membuat kita ingin meniru kesuksesan mereka.

Para pebisnis dalam buku ini memang tidak dikisahkan secara mendalam atau detail. Satu orang dikisahkan rata-rata 5 halaman. Hal ini tidak cukup untuk mengupas kisah perjuangan para pebisnis sukses tersebut. Bagaimanapun juga, melalui kisah-kisah kesuksesan yang disampaikannya, buku ini memberikan sumbangan motivasi bagi para entreprenuer.

***
Sukrisno Santoso
Sukoharjo, 26 Februari 2014



0 komentar:

Post a Comment