Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Friday, February 14, 2020

Bagaimana Cara Menjaga Daya Baca Buku?




Jumlah buku yang saya baca tahun ini hanya setengah dari jumlah buku yang bisa saya rampungkan tahun lalu. Tahun ini kesibukan bertambah sehingga cukup sulit meluangkan waktu untuk membaca buku. Namun, saya selalu berusaha menjaga daya baca buku saya agar tidak menurun drastis.

Menjaga daya baca buku tidaklah mudah. Kita selalu beralasan tidak punya waktu untuk membaca. Alasan itu terkadang benar, tetapi lebih banyak tidaknya. Nah, berikut ini tips saya dalam menjaga daya baca buku.

(1) Sediakan Buku Dekat dengan Kita
Saya menyediakan buku di tempat-tempat yang sering saya tinggali. Di kamar tidur, saya menaruh beberapa buku, juga ruang tengah tempat makan yang sekaligus tempat rak buku.

Ketika di rumah, mudah bagi saya untuk meraih buku yang saya ingin baca. Begitu pun di tempat kerja. Saya menaruh beberapa buku di atas meja kerja. Sewaktu-waktu ingin membaca, saya bisa memilih salah satu buku tersebut.

(2) Baca Beberapa Buku dalam Rentang Waktu Bersamaan
Maksudnya, saya membaca beberapa buku dalam satu waktu secara bergantian. Terkadang saya merasa bosan membaca satu buku secara terus menerus sehingga saya perlu mengalihkan minat baca pada buku lain.

Oleh karena itu, dalam satu waktu ada beberapa buku yang sedang dalam proses pembacaan. Ketika bosan dengan fiksi, saya beralih ke nonfiksi. Bosan dengan satu buku, beralih ke buku lain.

(3) Wajib Baca Buku Setiap Hari
Saya meniatkan diri untuk membaca buku setiap hari meskipun hanya satu halaman. Jika sedang santai dan nyaman dalam membaca, sekali duduk saya bisa membaca puluhan halaman.

Namun, adakalahnya waktu dan temapt kurang mendukung. Dalam keadaan seperti itu, saya akan berusaha membuka buku, membacanya seberapapun banyaknya, meskipum hanya satu halaman. Hal ini penting dilakukan agar daya baca buku tidak menurun drastis.

Dengan membiasakan membaca buku setiap hari, saya merasakan aktivitas membaca menjadi sebuah kebutuhan. Rasanya ada yang kurang jika dalam satu hari tidak membuka buku.

(4) Secangkir Kopi Pelengkap Membaca Buku
Aktivitas membaca buku paling menyenangkan ketika sambil minum secangkir kopi. Kopi dan buku adalah perpaduan luar biasa untuk menikmati pagi atau sore hari.

(5) Berbincang Buku
Membicarakan isi buku dengan orang lain dapat meningkatkan minat baca. Membicarakan isi buku bisa dilakukan kepada orang-orang terdekat atau kepada khalayak umum melalui media.

***
Minggu, 22 Desember 2019
Ttd.

Kaum rebahan di hari libur.




1 komentar:

  1. One of the important and foremost questions is what is going to|what's going to} happen to tens of millions of unskilled or low-skilled staff currently employed in the fashion industry. Manufacturing intensive countries that currently hold the advantage in low cost labor can be required to consider about|to contemplate} labor redistribution (Laplume et al. 2016). On the other hand, when manufacturing shifts domestically, the query becomes how would developed countries like the United States help the DDM integrated fashion industry. Industry four.zero automation software to handle half choice, ordering, and manufacturing workflows for additive manufacturing. Mighty Buildings is an organization that creates Air Conditioner Fan 3D printing technologies and an automated platform to help shoppers afford housing. The company, owned by FAM and Lindengruppen, now has 2,500 clients in seventy five countries, and roughly seven hundred granted patents.

    ReplyDelete