Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Saturday, January 23, 2016

Inilah Salah Satu Kenikmatan Tinggal di Desa


Tadi pagi, saat perjalanan berangkat bekerja, aku sempatkan berhenti sejenak di pinggir jalan. Mengambil handphone, kemudian memotret.

Jarak rumahku dengan tempatku bekerja sekitar 5 km. Jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu sekira 15 menit perjalanan santai dengan sepeda motor. Jarak tersebut terlipat saat aku terburu-buru, melaju kebut membuat waktu tempuh menjadi 11 atau 12 menit.

Belum lama ini, sebuah jalan alternatif dibuat. Jalan itu melewati persawahan, menjelma jembatan di atas sungai, lalu mewujud jalan beraspal lagi. Jalan itu memangkas waktu tempuh perjalanan ke tempat kerjaku menjadi 11 atau 12 menit dalam kondisi santai. Jika ngebut, cuma 8 menit jadinya.

Saat ini sedang musim tanam padi. Di beberapa petak sawah terlihat bibit-bibit padi yang berwarna hijau muda berbaris rapi. Terlihat segar.

Sepetak sawah yang lain sedang dibajak, seorang pembajak (istilah pembajak benar nggak ya?) mengendalikan traktor dengan kakinya berdiri di luas besi bagian belakang traktor dan tangannya mencengkeram lengan traktor. Traktor itu berjalan mengelilingi sepetak sawah itu, tuntas setiap jengkalnya.

Di petak yang lain, ibu-ibu berjongkok berjejer, lurus. Berjalan mundur secara bersamaan sambil menancapkan bibit padi ke dalam tanah.

Di sebelah timur jauh tampak Gunung Lawu berdiri dengan anggun. Awan-awan putih yang menggumpal menyelimuti sebagiannya. Indah sekali.

Di sebelah barat jauh, dua gunung berdiri bersebelahan. Yang satu tampak jelas puncaknya, sedang yang satunya tertutup awan. Merapi dan Merbabu.

Inilah sajian panorama pagi yang cerah ini. Dan sungguh, inilah salah satu nikmatnya tinggal di pedesaan.








0 komentar:

Post a Comment