Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Sunday, August 27, 2023

Buku yang Bertualang



Aku punya sebuah gagasan: Buku yang berpetualang.

Sebuah buku memiliki perjalanannya masing-masing. Setelah keluar dari dapur cetak, ia akan mengikuti jalan takdirnya: diangkut distributor, dipajang di toko buku, ditimang-timang para calon pembeli, dibawa ke kasir, dibuka dan dibaca, diletakkan di rak. Atau buku itu berpindah tangan. Tidak hanya ke satu orang, tapi ke beberapa orang secara bergantian. Dibaca banyak orang. Atau buku itu sama sekali tak laku. Dikembalikan ke penerbit untuk kemudian menemui ajalnya di mesin pencacah kertas.

Buku yang berpetualang. Ialah buku yang akan berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain, dari satu tempat ke tempat yang lain, sepanjang waktu sampai ia menjumpai akhir takdirnya.

Buku itu akan mengalami perjalanan yang panjang dan petualangan yang hebat. Hingga akhirnya buku itu akan melakukan perjalanan terakhirnya. Ia pun akan musnah, terbakar, terkubur, atau apapun yang akan terjadi padanya. Tapi, ia merasa puas karena telah melalui banyak hal. Ia telah menyongsong takdirnya untuk menjelajah semesta.

Dengan ini, aku ingin memperjalankan buku-buku. Aku ingin buku-buku itu berpetualanag. Dibaca banyak orang dari berbagai tempat dan waktu.

Teknisnya begini: aku akan membaca sebuah buku. Setelah selesai, akan kutuliskan nama, asal, tanggal selesai baca, dan kesan terhadap buku itu pada halaman terakhir buku. Setelah itu aku akan memberikan buku itu kepada orang lain. Orang tersebut akan membaca dan menuliskan seperti yang kutulis di halaman terakhir. Setelah selesai, orang tersebut akan memberikan buku kepada orang lain. Dan seterusnya.... dan seterusnya....

Dan kita akan lihat sejauh mana buku itu akan berpetualang.
Apakah gagasan ini cukup menarik?





0 komentar:

Post a Comment