Catatan Kecil

Catatan pengalaman pribadi. Ditulis sebagai sebuah hiburan dan sebagai sebuah kenangan.

Cerita Pendek

Cerita pendek yang ditulis sebagai pengungkapan perasaan, pikiran, dan pandangan.

Puisi

Ekspresi diri saat bahagia, suka, riang, ataupun saat sedih, duka, galau, nestapa.

Faksimili

Kisah fiksi dan/atau fakta singkat yang bisa menjadi sebuah hiburan atau renungan.

Jelajah

Catatan perjalanan, menjelajah gunung, bukit, sungai, pantai, telaga.

Sunday, August 27, 2023

Guru, Ruang Kelas, dan Seabrek Kewajiban Administrasi



Saya meyakini bahwa kunci utama tercapainya tujuan pendidikan (pembelajaran di sekolah) adalah terletak pada guru. Sebagus apapun kurikulum, secanggih apapun media pembelajaran, sebaik apapun sumber belajar, dan selengkap apapun fasilitas belajar, semuanya tidak akan optimal jika tidak dinakhodai oleh seorang guru yang profesional.

Bagi saya, tugas utama guru adalah mengajak para siswanya melaksanakan pembelajaran. Guru adalah pemimpin di dalam kelas, sekaligus pembimbing di sana. Sebagai pemimpin, guru bertanggung jawab merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Sebagai pembimbing, guru berusaha menjajari langkah siswa dalam pembelajaran, mendorongnya dengan segala motivasi, nasehat, dan arahan.

Tugas yang mengikuti profesi guru ialah menyiapkan seabrek administrasi, mengikuti berbagai pendidikan dan latihan, dan program lainnya. Tugas-tugas ini terkadang menjadi sebuah beban tersendiri sehingga tugas utama untuk mengajar menjadi terlalaikan.

Perlu ditanamkan pada diri guru bahwa tugas utamanya adalah mengajar dan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu para siswa mencapai tujuannya. Tentu hal itu tanpa melupakan tugas-tugas sampingan lainnya. Tugas-tugas administratif tetap dilaksanakan semampu dan sekuatnya.

Kurikulum boleh saja berganti, media pembelajaran bisa semakin canggih, sumber belajar akan diperbaharui, dan program-program baru diluncurkan. Tapi, guru tetaplah ujung tombak dalam mencapai tujuan pendidikan.

Demikian.


0 komentar:

Post a Comment